Kecanduan Analog

Saturday, January 08, 2022

Eitsss.. yang saya maksud disini tuh fotografi analog ya, bukan jam analog, televisi analog, atau analog lainnya.

****

Bermula dari ketidaksengajaan menemukan websitenya lomography waktu jaman SMP, saya jadi kepo banget sama toy cam. Dulu saya mikirnya kok unik banget ya, kamera plastik, lensa plastik, bahkan ga perlu baterai (kecuali kalau mau pake flash), tapi bisa dipake buat foto??? pikiran bocah yang jaman itu sudah terpapar digitalisasi jadi bingung banget. 

Lalu saya penasaran dong mau coba, liat-liat kesana kemari di internet berharap ada yang jual di Indonesia ternyata ADA! dan cuma satu toko! sayangnya saya lupa banget nama tokonya apa, tapi saya nemuin tokonya dari salah satu postingan blog juga, toko itu khusus menjual kamera lomo. Tapi saya inget banget waktu itu di website tokonya mereka paling banyak ngejual La Sardina dan Diana F+. Saya yang tadinya semangat mau beli, begitu ngeliat harganya langsung sedih, karena ternyata mahal banget untuk sebuah toy cam, sekitar Rp2.000.000 - Rp3.000.000 waktu itu.

Akhirnya saya menjalani hari dengan sedikit demi sedikit melupakan lomography secara tidak sengaja, sampai saya menemukan Zoe Suen di lookbook.nu. Iya saya waktu itu pertama kali tau Zoe Suen sewaktu saya masih SMP dan masih sok paham soal fashion aahahahaha pokoknya dulu tuh saya lagi suka banget mantengin para fashion blogger, dan di lookbook.nu itulah para fashion blogger berkumpul, mulai dari fashion blogger indo seperti Sonia Eryka, Claradevi, Anastasia Siantar, Melda Auditia, dan Evita Nuh, sampai beberapa fashion blogger luar negeri yang saya lupa namanya tapi wajahnya selalu saya ingat sampai detik ini. Tapi tetap sih, ga ada yang ngalahin Zoe Suen di ingatan masa remaja saya hihihi.

Terus kok kenapa nih nyambungnya malah ke Zoe Suen??? Iyaaa waktu itu saya hobi banget tiap ada waktu senggang bacain blognya dia, dari template blognya masih ala blogspot banget sampai akhirnya dia punya blog berbayar dengan domain yang bisa di-custom beserta template yang sederhana tapi tetap menarik buat dikunjungin. Nah, karena template sederhananya inilah saya jadi lebih fokus ke foto-foto yang dia upload. Sampai pada akhirnya, dia upload foto-foto hasil jepretan kamera analog. Saya masih inget banget waktu itu kamera analog yang pertama kali dia pakai tuh Olympus Superzoom 115, lalu setelah Olympus yang dia punya rusak, akhirnya dia beli Contax T2, dan terakhir dia beli lagi SLR analog Pentax K1000. Waktu itu saya inget banget dia paling sering pakai Kodak Gold 200. Hasil fotonya warm, dreamy, tapi di lain sisi tetap pop-up warnanya. Sampai saya juga kepingin cobain roll film itu beserta kameranya.

Tapi sayangnya saya ga langsung beli kamera analog sih pada waktu itu, lupa juga kenapa, tapi akhirnya saya beli kamera analog pertama kali di tahun 2017. Sempat nyari Olympus Superzoom 115 biar ngerasain kamera yang sama persis kayak yang dipakai Zoe Suen, tapi ternyata langka banget yang jual, akhirnya saya mutusin buat beli Olympus Mju Zoom 140 aja, berhubung juga waktu itu ada seller di instagram yang jual murah untuk sebuah Olympus Mju.

April 2017 jadi momen pertama saya pakai kamera analog, yaitu si Olympus Mju Zoom 140. Kameranya saya bawa buat travelling ke Bandung bareng temen-temen dan karena kameranya kecil dan full auto, jadi enteng dan gampang banget dipakainya. Lalu sepulangnya ke Jakarta, saya ga sabar banget mau liat hasilnya, akhirnya ga lama langsung saya kirim ke Hipercat Lab di Bandung melalui JNE. Hmmm kalau dipikir-pikir dulu tuh main kamera analog ribet juga ya, apalagi di Jakarta masih sedikit yang terima cuci roll film, seinget saya waktu itu di Jakarta cuma Modern Foto di daerah Pasar Minggu, dan itu jauh banget dari rumah saya di Jakarta Barat, jadi yaudah deh sekalian aja kirim ke Hipercat Lab heheehhe.

Kira-kira sekitar tiga hari hasil fotonya udah dikirim ke e-mail saya. JUJUR BAGUS BANGET WARNA FOTONYA!!! yaaa meskipun banyak frame yang fokusnya entah kemana, tapi tetep sih saya sukaa, kesan vintage-nya dapet banget. Lalu saya lupa kenapa akhirnya saya berhenti main kamera analog selama kurang lebih tiga tahun.

Tapi entah ada angin apa, di penghujung tahun 2021 hasrat untuk main kamera analog muncul lagi! tapi kali ini mau coba pakai SLR, biar ga misfocus terus kayak di Olympus pocket huhu. Ga lama saya langsung cari-cari penjual SLR di Instagram dan ternyata ada temen di sosial media yang mau jual kameranya, Minolta X-300. Secara fisik, kameranya ganteng banget, mekanik semua normal ditambah lightmeter juga jalan, dan yang paling penting harganya masih masuk sama budget yang saya tentuin. Sebenarnya saya kurang yakin apakah hasil foto si Minolta X-300 ini akan sesuai ekspektasi saya atau engga, karena setelah liat-liat hasil fotonya lewat hashtag di Instagram-pun ga banyak yang keren menurut saya. Tapi saya tetep sih gamau liat begitu aja, pokoknya harus cobain, karena yang nentuin fotonya bagus atau engga kan orang di balik kameranya, iya ga??? hehe.

Tanpa pikir panjang, akhirnya sebelum saya transfer uangnya ke yang jual, saya minta izin untuk coba ngabisin satu roll dulu buat liat hasil fotonya. Setelah diperbolehkan, saya excited banget mau jalan-jalan, mau foto-foto pokoknya! fotonya jujur agak ngasal sih di awal, tapi semakin sering dipake foto, jadi terlatih juga mata saya buat liat momen-momen bagus di jalanan. Setelah habis satu roll, tibalah saatnya devscan! alias develop + scan. Seperti biasa, saya devscan di Labrana Jakarta karena lokasinya yang ga terlalu jauh dan sistem pengiriman roll filmnya yang ga ribet. Setelah menunggu beberapa jam, akhirnya besok paginya hasil devscan sudah dikirim ke e-mail saya dan WOW! saya gabisa berkata-kata sih ngeliat roll pertama saya pakai SLR. BAGUS BANGEEET! yaaa meskipun menurut saya warnanya kurang keluar entah kenapa, tapi saya suka banget dan mau cobain roll film lainnya.

Akhirnya saya nyoba buat komitmen beli dan pakai 1 roll film untuk 1 bulan demi bisa konsisten foto-foto tanpa bikin saldo rekening saya jadi 0. Lalu, apakah saya berhasil menjaga komitmen tersebut? TENTU....... tidak. Karena ternyata analog tuh candu banget, bikin saya mau foto lagi dan lagi!


You Might Also Like

0 comments

Favorite Books

  • Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono
  • Kota Ini Kembang Api by Gratiagusti Chananya Rompas
  • Imaginary City by Rain Chudori
  • The 13th Curses by Michelle Harrison

Visit My Instagram

Contact

Name

Email *

Message *

Subscribe